Main Article Content

Abstract

Dalam pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana (IPLBS), guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini menyebabkan menurunnya motivasi dan minat siswa dalam belajar. Ini juga menyebabkan siswa tidak mendapatkan tantangan untuk memahami materi dengan baik, sehingga ketuntasan belajar siswa masih jauh dari tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu diterapkan model pembelajaran yang lebih menarik. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi siswa adalah pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini dilakukan dengan desain quasi eksperimen, dengan menggunakan dua kelas sampel yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 84.43 dan kelas kontrol 80. Hal ini berarti model pembelajaran berbasis proyek dapat membantu guru dalam menyajikan materi pembelajaran di depan kelas.

Keywords

Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana pembelajaran berbasis proyek

Article Details

How to Cite
Eliza, F., Syamsuarnis, S., Myori, D. E., & Hamdani, H. (2017). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA DIKLAT INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(1), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i1.13

References

  1. [1] Agus Suprijono. Cooperative Learning: teori dan praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2009)
  2. [2] Depdiknas. Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotor. Jakarta: Gramedia. (2008)
  3. [3] Eggen. Strategi dan model pembelajaran. Jakarta : Index (2012)
  4. [4] Hamdani. Strategi belajar mengajar. Jakarta : CV Pustaka Setia (2011)
  5. [5] Made Wena. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara (2010)
  6. [6] Made Wena. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara (2011)
  7. [7] Muhammad Nur. Pengajaran Langsung. Surayabaya: Pusat Sains dan Matematika sekolah UNESA (2011)
  8. [8] Muhammad Yaumi. Prinsip-prinsip desain pembelajaran. Jakarta : Kencana prenada media group (2013)
  9. [9] Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya (2011)
  10. [10] Nasution. Kurikulum dan pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara (2010)
  11. [11] Rautumanan. Evaluasi Hasil Belajar Yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press (2003)
  12. [12] Rusman. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada (2010)
  13. [13] Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: kencana Prenada media group (2009)