Tentang INVOTEK
INVOTEK: Jurnal Inovasi dan Teknologi Terapan adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang yang terbit dalam versi cetak dan elektronik sebanyak dua kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober (enam bulanan). Jurnal ini memuat kajian ilmiah dalam bidang teknologi yang berkaitan dengan manusia dan pekerjaannya (vokasional) dan bersifat inovasi  serta tepat guna. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan format yang ditetapkan. Khusus untuk judul dan abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Kebijakan Open Access
Jurnal ini menyediakan akses terbuka atas makalah-makalah yang dipublikasikannya dengan prinsip dasar untuk mempromosikan penelitian kepada masyarakat guna mendukung perkembangan pengetahuan yang lebih baik dan mencerdaskan anak bangsa
 
Fokus dan Ruang Lingkup
INVOTEK menerima naskah hasil/bagian penelitian yang berkaitan dengan aplikasi teknologi yang mendukung aktifitas manusia dan pekerjaannya (vokasional) yang melingkupi berbagai disiplin ilmu seperti ilmu teknik tenaga elektrik, elektronik, kendali dan telekomunikasi, biomedik, informatika, komputer, mekantronika, teknik mesin, konstruksi, konversi energi, material, otomotif, pertambangan, sipil, kebencanaan, lingkungan, teknik kimia, teknik industri, ergonomik, optimasi, rantai pasok, manajemen industri dan sebagainya.
Naskah yang akan diterbitkan harus lulus proses blind peer-review.

Peer Review Process
Peer review merupakan proses obyektif yang dilakukan untuk memastikan bahwa hanya naskah yang berkualitas yang akan diterbitkan. INVOTEK menerapkan blind review, dimana reviewer namanya tidak akan diketahui oleh penulis naskah selama proses review berlangsung. Pemilihan anggota reviewer didasarkan keahlian reviewer sesuai dengaan naskah. Reviewers tidak diberi tanggungjawab untuk mengkoreksi isi naskah dan bahasa atau tatatulis naskah. Satu naskah akan direview oleh dua orang reviewer

 Author Fees
Jurnal INVOTEK versi daring dapat diunduh secara gratis. Bagi yang membutuhkan versi cetak, redaksi akan menyediakannya dengan syarat Penulis atau yang berminat akan dikenakan biaya  sebesar Rp. 150.000,00 per terbitan.


Screening for Plagiarism 
Para penulis  harus memastikan bahwa artikel yang mereka kirim ke redaksi merupakan hasil karya mereka bukan ciplakan atau daur-ulang, jika Penulis ada yang mengutip tulisan dari Peneliti lain atau hasil tulisan Penulis sendiri di artikel lain jangan lupa menuliskan sumber artikelnya.Selain itu pastikan juga artikel yang dikirim ke redaksi telah diperiksa dengan  menggunakan software antiplagiarism seperti perangkat lunak Turnitin.  

Editor akan memeriksa plagiarisme menggunakan pencarian google atau IPI Portal garuda sebelum kirim ke reviewer.