Main Article Content

Abstract

Guru sebagai salah satu penentu keberhasilan pendidikan siswa dituntut untuk memiliki kemampuan beradaptasi pada kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi terkadang tidak dibarengi dengan fasilitas yang ada. E-learning idealnya membutuhkan dukungan infrastuktur IT yang baik. Berkembangnya layanan web dan sosial media ternyata dapat digunakan untuk membangun sebuah mekanisme e-learning yang murah dan efisien. Di SMK N 1 Gunung Talang Kabupaten Solok belum ada sistem e-learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk melatih guru tentang cara membuat sistem e-learning yang murah dan efisien. Sistem e-learning dibuat dengan memanfaatkan beberapa layanan web yang sudah ada dan tersedia dengan gratis yaitu : facebook, google drive dan google form. Dari hasil penelitian didapati bahwa 75 % guru yang mengikuti pelatihan telah mampu membuat sebuah sistem e-learning untuk kegiatan pembelajaran. Sedangkan 25 % masih kesulitan dalam membuat secara mandiri.

Keywords

e-learning social media SMK

Article Details

How to Cite
Setiawan, D., Lestari, S., Putra, D., & Azmi, M. (2018). Pemanfaatan Media Sosial untuk Membangun Sistem E-Learning di SMKN 1 Gunung Talang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 7-12. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.177

References

  1. [1] Putra D S, M Nasir dan Irma Yulia B, (2013). Kajian Deskriptif Pemanfaatan Internet oleh Mahasiswa di Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang pada Tahun 2012. Jurnal Elektron, Jilid 5, Terbitan 2, 55-60
  2. [2] Andrizal, A., & Arif, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISTEM E-LEARNING UNIVERSITAS NEGERI PADANG. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1-10.
  3. [3] M Adri Pengembangan Model Belajar Jarak Jauh FT UNP dengan P4TK Medan dalam Rangka Perluasan Kesempatan Belajar
  4. [4] Effendi, Hansi (2015) Model Blended Learning Interaktif Berbasis Web Matakuliah Mesin-Mesin Listrik di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. S3 thesis, UNY.
  5. [5] Stapa Muhamad Azhar dkk, Engaging Vocational College Students through Blended Learning: Improving Class Attendance and Participation
  6. [6] Abdul Rahim, H., & Chia, L. La. (2014). Adakah Prestasi Sekolah Menjadi Penyumbang Utama Pengajaran Efektif? Sains Humanika, 2(1), 35–40.
  7. [7] INOVASI DALAM PENDIDIKAN AKUNTANSI KEUANGAN Henny Zurika Lubis, SE, .M.Si
  8. [8] "Facebook Tops Billion-User Mark". The Wall Street Journal (Dow Jones). October 4, 2012. Diakses tanggal October 4, 2012.
  9. [9] Sengupta, Somini (May 14, 2012). "Facebook's Prospects May Rest on Trove of Data". The New York Times.
  10. [10] "Google Corporate Information". Google, Inc. Diakses tanggal February 14, 2010.
  11. [11] https://googleblog.blogspot.co.id/2012/04/introducing-google-drive-yes-really.html