Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk: (1) mengidentifikasi  validitas dan reliabilitas  indikator dari kompetensi lulusan  pendidikan vokasi; (2) membuat model faktor dari variabel  dan indikator kompetensi lulusan pendidikan vokasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi penelitian adalah  lulusan D3 pendidikan vokasi dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dan Politeknik Negeri Padang.  Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sumber data penelitian meliputi 150 responden lulusan D3 pendidikan vokasi dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dan D3 Politeknik Negeri Padang. Analisis data memakai dengan Lisrel 8.80 berupa  uji normalitas dan uji multikolinieritas.  Data dilakukan estimasi asymptotic covariance matrix dengan analisis confirmatory factor analysis dan model struktural. Hasil penelitian mengungkap sebagai berikut: (1) terdapat enam indikator yang valid dan reliabel dalam merefleksikan  variabel kompetensi lulusan pendidikan vokasi, yaitu: (a) knowledge and understanding; (b) application knowledge and understanding; (c) making judgment; (d) communication skills; (e) learning skills; dan (f) value. Indikator yang paling reliabel dan valid yang diikuti indikator yang kurang reliabel dan valid berturut-turut adalah : making judgment; value; communication skills; application knowledge and understanding; knowledge and understanding; dan learning skills. Keenam  indikator terbukti valid dan reliabel dalam performancenya mengukur/merefleksikan variabel laten kompetensi lulusan pendidikan vokasi.

Keywords

Pendidikan Vokasi kompetensi Lulusan Validitas Reliabilitas

Article Details

How to Cite
Mulyadi, R., & Mulianti, M. (2018). Kompetensi Lulusan Pendidikan Vokasi: Analisis Validitas dan Reliabilitas Indikator. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 49-58. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.240

References

  1. [1] Aitken, J. Appleby, W. Butler, S. et.al. (2016). UK quality code for higher education: The framework for higher education qualifications of UK degree awarding bodies. Glowcester: Southgate House.
  2. [2] Allen, J & Ramaekers. G. (2008).Test of new instrument for measuring Dublin descriptors. Research centre for education and the labour market.Netherlands: Maastricht University.
  3. [3] Badan Pusat Statistik.(2017). Berita resmi statistik (No.78/11/Th.XVI, 6 November 2017).
  4. [4] Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (2009). Akreditasi program studi diploma III politeknik.
  5. [5] Calhoun, C.C., Finch, A.V. (1982). Vocational education: Concept and operation. Michigan: Wadsworth
  6. Publishing company of the learning climate in a Juvenile justice residential facility.Current Issues in Education, 14, (2), 1-14
  7. [6]Diamantopaulus, A. & Siguaw, J.,A. (2000).Introducing LISREL: A guide for the unitiated. New Delhi: Sage Publications.
  8. [7] Doll, W.,J.,Xia, W. & Torkzadeh. (1994). Confirmatory factor analysis of the end user computing satisfaction instrument.MISQuarterly. December, 453-461.
  9. [8] Fornel, C. & Larcker, D.F. (1981). Evaluating structural equation models with unobserved variables and measuring errors. Journal of Marketing Research,18,39-50.
  10. [9] Ghozali, I.,(2011). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  11. [10] Ghozali, I. & Fuad (2012). Structural equation modeling: Teori, konsep dan aplikasi:Lisrel 8.8, ed 3. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  12. [11] Hair, J.F.,Anderson,R.E., Tatham, R.,et. al. (1998). Multivariate data analysis. 5th edition. London: Prentice-Hall International.
  13. [12] Hu, L.,T., & Kano, Y. (1992). Can test statistics in covariance structure analysis be trusted?. Psychological Buletin, 11, 351-362
  14. [13] Igbaria, M.,N., Zinatelli, P., Cragg et.al. (1997). Personal computing acceptable factors in small firms: A Structural equation model. MIS Quarterly. September, 279-299.
  15. [14] Jöreskog, K. G. & Sörbom, D. (1999).Interpretation of R2 revisited. http:/www.ssicentral.com/lisrel/advancedtopics.html.
  16. [15] Meyers, L.S.,G.,Gamst,A.J. & Guarino. (2013). Applied multivariate research: Design and interpretation. Washington, DC: American Psychological Association.
  17. [16]Nunnally, J.C.,& Berstein, I.H. (1994). Psychometric theory. 3rd ed. New York, NY:McGraw-Hill.
  18. [17]Rigdon,E.E. & Fergusson C.E. (1991). The performance of the polychoric correlation coefficient and selected fitting function in confirmatory factor analysis with ordinal data.Journal of Marketing Research. 8 November, 491-497