Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran Trainer PLC OMRON dan software CX-Programmer pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (PLC) kelas XII TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi. Desain penelitian ini adalah quasi-experiment (eksperimen semu) dengan desain one group pretest-posttest time series. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gainscore. Dalam penelitian ini dilakukan dua kali pretest dan dua kali posttest, dengan nilai rata-rata: pretest 1 =38,75, pretest 2 = 45,5, posttest 1 = 64,5 dan posttest 2 = 85,8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata Gainscore 1 = 0,407 berkategori sedang dan Gainscore 2 = 0,7625 berkategori tinggi.
Keywords
Article Details
References
- [1] Oemar Hamalik., “Proses Belajar Mengajar”, Jakarta : PT. Bumi Aksara (2012).
- [2] OMRON , Electronics, LLC., “OMRON SYSMAC CP-series CP1E CPU Units. The CP1E Package PLCs: Economical Easy to use, and Efficient”, DataSheet. Schaumbug, USA (2010).
- [3] Emzir., “Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif”, Jakarta :Rajawali Pers (2011).
- [4] Hake, R.R., “Analizing Change/Gainscore, American Educational, Reseach Associations Divisions, Measurement and Reseach Methodology”. www.listasu.edu.com., (1999). Diakses pada tanggal 11 Januari 2016 pukul 15.46 WIB.
- [5] Nana Sudjana dan Ahmad Rivai., “Media Pengajaran”, Bandung: Sinar Baru Algesindo(2011).
- [6] Sugiyono., “Statistika untuk Penelitian”, Bandung : Alfabeta (2007).
- [7] Sumadi Suryabrata., “Metodologi Penelitian”, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2012).
- [8] Wina Sanjaya., “Kurikulum dan Pembelajaran”, Jakarta : Kencana Predana Media Group (2008).