Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran Trainer PLC OMRON dan software CX-Programmer pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (PLC) kelas XII TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi. Desain penelitian ini adalah quasi-experiment (eksperimen semu) dengan desain one group pretest-posttest time series. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gainscore. Dalam penelitian ini dilakukan dua kali pretest dan dua kali posttest, dengan nilai rata-rata: pretest 1 =38,75, pretest 2 = 45,5, posttest 1 = 64,5 dan posttest 2 = 85,8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata Gainscore 1 = 0,407 berkategori  sedang  dan  Gainscore 2 = 0,7625 berkategori tinggi.

Keywords

Programmable Logic Controller Trainer OMRON CX-Programmer

Article Details

How to Cite
Hastuti, H., Effendi, H., & Hijriani, S. (2017). PENERAPAN TRAINER PLC OMRON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT INSTALASI MOTOR LISTRIK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(1), 49-56. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i1.25

References

  1. [1] Oemar Hamalik., “Proses Belajar Mengajar”, Jakarta : PT. Bumi Aksara (2012).
  2. [2] OMRON , Electronics, LLC., “OMRON SYSMAC CP-series CP1E CPU Units. The CP1E Package PLCs: Economical Easy to use, and Efficient”, DataSheet. Schaumbug, USA (2010).
  3. [3] Emzir., “Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif”, Jakarta :Rajawali Pers (2011).
  4. [4] Hake, R.R., “Analizing Change/Gainscore, American Educational, Reseach Associations Divisions, Measurement and Reseach Methodology”. www.listasu.edu.com., (1999). Diakses pada tanggal 11 Januari 2016 pukul 15.46 WIB.
  5. [5] Nana Sudjana dan Ahmad Rivai., “Media Pengajaran”, Bandung: Sinar Baru Algesindo(2011).
  6. [6] Sugiyono., “Statistika untuk Penelitian”, Bandung : Alfabeta (2007).
  7. [7] Sumadi Suryabrata., “Metodologi Penelitian”, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2012).
  8. [8] Wina Sanjaya., “Kurikulum dan Pembelajaran”, Jakarta : Kencana Predana Media Group (2008).