Aplikasi Korektor Kalimat Berbasis Android Untuk Anak Tunarungu

  • Yulia Wirna Universitas Negeri Padang
  • Elisa Cristina Silitonga Universitas Negeri Padang
  • Mutawa Fika Rusli Putri Universitas Negeri Padang
  • Zulmiyetri Zulmiyetri Universitas Negeri Padang
Keywords: Anak Tunarungu, Android, Aplikasi Korektor Kalimat

Abstract

Pembuatan aplikasi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami anak tunarungu dalam hal berkomunikasi. Anak tunarungu mampu menggunakan social media yang ada di android sebagai perantara komunikasi secara tidak langsung dengan masyarakat luas. Hanya saja bahasa yang mereka gunakan sering kali membuat orang lain bingung dan susah untuk memahaminya karena bahasa yang digunakan terbalik-balik. Penulis menciptakan aplikasi berbasis android yaitu korektor kalimat untuk anak tunarungu. Aplikasi ini bertujan untuk membantu dalam mengembangkan bahasa yang benar. Salah satu penunjangnya adalah dengan menggunakan permainan yang mereka sukai namun tetap bersifat edukatif seperti permainan berbasis android. Metode yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan literatur,  merancang dan mengembangkan aplikasi,  uji coba,  penyelesaian aplikasi secara menyeluruh dan publikasi. Hasil dari pembuatan aplikasi ini telah dapat digunakan bagi anak tunarungu dan adanya aplikasi kotor amat (korektor kalimat) berbasis android, pembuatan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau hak cipta, buku petunjuk penggunaan aplikasi, artikel, dan mengupload aplikasi ke google playstore yang bisa dengan mudah diakses anak sehingga anak tunarungu terbantu dan memberikan kemudahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] T. Marjito, "Aplikasi Penjualan Online Berbasis Android (Studi Kasus : di Toko Hoax Merch)," Jurnal Computech & Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 42-49, 2016.
[2] A. Setiadi, P. Yuliatmojo and D. Nurhidayat, "PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN PNEUMATIK," JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE), vol. 1, no. 1, pp. 1-5, 2018.
[3] D. Setiawan, S. Lestari, D. S. Putra and M. Azmi, "Pemanfaatan Media Sosial untuk Membangun Sistem E-Learning di SMKN 1 Gunung Talang," INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 18, no. 1, pp. 7-12, 2018.
[4] Y. Sonatha, M. Azmi, A. I. Suryani and Y. P. Sari, "DEVELOPMENT OF ANDROID APPLICATION FOR BREASTMILK MANAGEMENT SYSTEM," INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 17, no. 1, pp. 11-16, 2017.
[5] T. Hernawati, "Pengembangan kemampuan Berbahasa dan Berbicara Anak Tunarungu," JASSI_anakku, vol. 7, no. 1, pp. 101-110, 2007.
[6] I. Solichah, Alat Peraga untuk Pelajar Tunarungu: Penggunaan BentukDua Dimensi Bangun Datar Pada Siswa Tunarungu, Media Guru, 2014.
[7] Rahmaniar, "Pengembangan Pembelajaran Bahasa bagi Anak Tunarungu," Artikel E-Buletin LPMP Sulsel, pp. 3-25, 2015.
[8] E. Handayani and A. M. Priyono, "Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS)," Peningkatan Pemahaman Dongeng Anak Tunarungu Melalui Simulation Based Learning, vol. 4, no. 1, pp. 9 - 15, 2017.
[9] R. Linawati, "Penerapan Metode Mathernal Reflektif dalam Pembelajaran Berbahasa pada Anak Tunarungu di Kelas Persiapan SBL Negeri Semarang," Jurnal of Early Childhood Education Papers, pp. 1-7, 2012.
[10] N. Utari, "Peningkatan Pemahaman Siswa Tunarungu Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Bermedia Gambar," Inclusive: Journal of Special Education, vol. II, no. 2, pp. 77-87.
[11] F. Sifauttijani, T. Listyorini and R. Meimaharani, "Carian Rumah Makan Berbasis Android," Jurnal SIMETRIS, vol. 8, no. 1, pp. 309-316, 2017.
[12] Hafsah, C. Rustamaji. and S. Sriyono, "Aplikasi Pencarian Android Package (APK)Berbasis Web Dan Mobile Web Dengan API," TELEMATIKA, vol. 9, no. 1, pp. 51-56, 2012.
[13] Riasnelly, "Efektifitas Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi(Tik) Dalam Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Anak Tunarungu di SLBTanjungpinang," Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, vol. 1, no. 2, pp. 122-133, 2013.
Published
2018-08-17
How to Cite
Wirna, Y., Silitonga, E., Putri, M., & Zulmiyetri, Z. (2018). Aplikasi Korektor Kalimat Berbasis Android Untuk Anak Tunarungu. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 41-48. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.267