Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dalam menerapkan software Elektrik Kumanda Teknikleri Simulatoru (EKTS) pada mata pelajaran pengendali elektromagnetik Kelas XII TITL SMKN 1 Batipuh. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest- posttets. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TITL SMKN 1 Batipuh. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score. Dalam penelitian ini rata – rata pretest adalah 67,08 dan rata – rata nilai posttest adalah 85. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata – rata 0,555 kategori sedang.
Keywords
Software EKTS
Hasil Belajar
Pengendali Elektromagnetik
Article Details
How to Cite
Effendi, H., Hastuti, H., & Ganesha, S. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN SOFTWARE EKTS PADA MATA PELAJARAN PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(1), 89-96. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i1.29
References
- [1] Dimyati dan Mudjiono., “Belajar dan Pembelajaran”, Jakarta: PT Rineka Cipta (2009).
- [2] Hake, R.R., “Analizing Change/Gainscore, American Educational, Reseach Associations Divisions, Measurement and Reseach Methodology”. www.listasu.edu.com., (1999). Diakses pada 30 Januari 2016 19:05.
- [3] Nana Sudjana dan Ahmad Rivai., “Media Pengajaran”, Bandung: Sinar Baru Algesindo(2011).
- [4] Oemar Hamalik., “Proses Belajar Mengajar”, Jakarta : PT. Bumi Aksara (2012).
- [5] Sardiman., “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2010).
- [6] Slameto., “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”, Jakarta: Rineka Cipta (2010).
- [7] Sumadi Suryabrata., “Metodologi Penelitian”, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2012).
- [8] Wina Sanjaya., “Kurikulum dan Pembelajaran”, Jakarta : Kencana Predana Media Group (2008).