Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dalam menerapkan software Elektrik Kumanda Teknikleri Simulatoru (EKTS) pada mata pelajaran pengendali elektromagnetik Kelas XII TITL SMKN 1 Batipuh. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest- posttets. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TITL SMKN 1 Batipuh. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score. Dalam penelitian ini rata – rata pretest adalah 67,08 dan rata – rata nilai posttest adalah 85. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata – rata 0,555 kategori sedang.

Keywords

Software EKTS Hasil Belajar Pengendali Elektromagnetik

Article Details

Author Biographies

Hansi Effendi, Universitas Negeri Padang

Lahir di Batusangkar, 11 Februari 1979. Menyelesaikan studi S1 di Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas tahun 2001; S2 di Magister Ilmu Komputer Universitas Putera Indonesia YPTK tahun 2009; dan S3 di Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015. Dosen di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang sejak tahun 2002 – sekarang

Hastuti Hastuti, Universitas Negeri Padang

Lahir di Tembilahan, 25 Mei 1976. Sarjana Teknik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas 2002. Tahun 2007 memperoleh gelar Master Teknik di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB bidang Sistem Kendali. Staf pengajar di jurusan Teknik Elektro FT-UNP sejak tahun 2008 s.d sekarang

How to Cite
Effendi, H., Hastuti, H., & Ganesha, S. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN SOFTWARE EKTS PADA MATA PELAJARAN PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(1), 89-96. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i1.29

References

  1. [1] Dimyati dan Mudjiono., “Belajar dan Pembelajaran”, Jakarta: PT Rineka Cipta (2009).
  2. [2] Hake, R.R., “Analizing Change/Gainscore, American Educational, Reseach Associations Divisions, Measurement and Reseach Methodology”. www.listasu.edu.com., (1999). Diakses pada 30 Januari 2016 19:05.
  3. [3] Nana Sudjana dan Ahmad Rivai., “Media Pengajaran”, Bandung: Sinar Baru Algesindo(2011).
  4. [4] Oemar Hamalik., “Proses Belajar Mengajar”, Jakarta : PT. Bumi Aksara (2012).
  5. [5] Sardiman., “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2010).
  6. [6] Slameto., “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”, Jakarta: Rineka Cipta (2010).
  7. [7] Sumadi Suryabrata., “Metodologi Penelitian”, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2012).
  8. [8] Wina Sanjaya., “Kurikulum dan Pembelajaran”, Jakarta : Kencana Predana Media Group (2008).