Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat capaian (1) budaya belajar siswa di
kelas, (2) hasil belajar KPPI siswa setelah mengikuti pembelajaran, dan (3) Pengaruh budaya belajar
belajar terhadap hasil belajar KPPI siswa SMK Muhammadiyah I Padang. Metode penelitian yang
digunakan deskriptif kuantitatif, populasi sebanyak 351 orang peserta didik, sampel dipilih sebanyak
160 orang dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferesial. Penelitian ini menemukan
(1) budaya belajar siswa SMK Muhammadiyah I Padang berada dalam kategori baik, (2) hasil belajar
KPPI SMK Muhammadiyah I Padang termasuk kategori cukup baik, dan (3) terdapat pengaruh
positif yang signifikan antara budaya belajar terhadap hasil belajar KPPI siswa SMK
Muhammadiyah I Padang sebesar 8,8 %.
Keywords
Article Details
References
- [1] Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta.
- [2] Tika, Moh. Pabundu 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Penerbit: Bumi Aksara.
- [3] Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset
- [4] Anni, Catharina. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES
- [5] Makmun, Abin Syamsyudin. 2009. Psikologi Kependidikan. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya offset
- [6] Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
- [7] Suharsimi Arikunto. 2002. Evaluasi Pengajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rineke Cipta
- [8] Gay, L.R. 1985. Educational Evaluation and Measurement. Columbus, Ohio: Carles Publishing Company.
- [9] Sutarno, NS. 2006. Perpustakaan dan masyarakat. Jakarta: CV Segung Seto.
- [10] Djaaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- [11] Ahyanuardi A, Hambali H, Krismadinata K. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertfikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. 2018 Jul 4;18(1):67-74.
- [12] Hamdani H, Krismadinata K. Kontribusi Kompetensi Dan Persepsi Tentang Supervisi Pembelajaran Terhadap Produktivitas Kerja Guru. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. 2017 Dec 9;17(2):61-6.
- [13] Usmeldi U, Krismadinata K. Penerapan Strategi Training Within Industry Dalam Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. 2017 Nov 10;17(2):21-6.