Main Article Content

Abstract

Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang mencetak lulusan untuk siap kerja. Perkembangan dunia industri khusus nya di bidang otomotif yang mengarah ke sistem elektronik, mau tidak mau Jurusan Teknik Otomotif FT UNP harus membekali lulusannya dengan kemampuan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja tersebut. Pembelajaran listrik dan elektronika merupakan mata kuliah yang angka kegagalannya cukup tinggi bagi mahasiswa. Berbagai upaya sudah dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, akan tetapi hasilya masih belum memuaskan.. Pembelajaran sudah dilakukan dengan menggunakan media power poin akan tetapi hasilnya belum maksimal dalam pencapaian hasil belajar mahasiswa di bidang listrik dan elektronika. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan para ahli, salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih inovatif, bersifat nyata dan langsung bisa diamati, salah satunya adalah mini trainer IC 555.

Keywords

Media Pembelajaran Mini Trainer IC 555 hasil belajar

Article Details

How to Cite
Basri, I., Arsyfadhillah, A., Irfan, D., & Thamrin, T. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Mini Trainer IC 555. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 65-76. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.332

References

  1. [1] Basri, IY,. & Adri, M. (2011). Pemanfaatan Animasi Multimedia pada Mata Kuliah Kimia Teknik untuk Peingkatan Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Kimia. Jurnal teknologi Informasi dan Pendidikan. Volume 4, No 1 Edisi September 2011.
  2. [2] Sukmawardana, Y., dkk. (2016). Pembuatan Media Pembelajaran Trainer Instalasi Listrik Penerangan pada Mata Pembelajaran Instalasi Listrik Untuk Meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Mijayan tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 1, Nomor 2 Edisi Oktober 2016, 70-76.
  3. [3] Hastuti,. dkk. (2017). Penerapan Trainer Omron sebagai Media Pembelajaran Mata Diklat Instalasi Motor Listrik. Jurnal Invotek. Volume 17, No 1 Edisi April 2017.
  4. [4] Haryawan, A. Salechan. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Mikrokontroler Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Mikrokontroler di Politeknik Pratama Mulia Surakarta. POLITEKNOSAINS, Vol. XVI, No 2, September 2017
  5. [5] Susilo & Suyitno. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kelistrikan untuk meningkatkan Hasil belajar Siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Volume 10, No 10 Edisi Juli 2017.
  6. [6] Bishop, Owen. 2002. Dasar-Dasar Elektronika. Jakarta: Erlangga.
  7. [7] Blocher, Richard. 2004. Dasar Elektronika. Yokyakarta: Andi.
  8. [8] Daryanto. 2011. Pengetahuan Teknik Eloktronika. Malang: Bumi Aksara.
  9. [9] Malvino, Albert Paul. 1996. Prinsip-Prinsip Elektronika(jilid 2). Jakarta: Erlangga.
  10. [10] Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikn Pendekaran Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta