Main Article Content

Abstract

Penggunaan compressed natural gas (CNG) sebagai bahan bakar utama pada mesin diesel menyebabkan penurunan performa mesin terutama pada efisiensi termal. Hal ini dikarenakan peningkatan daya mesin yang dikonversi melalui proses pembakaran tidak sebanding dengan penambahan jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar seiring dengan penambahan beban mesin. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana mengoptimalkan tekanan injeksi gas CNG yang diinjeksikan ke dalam ruang bakar melalui port (intake manifold) dapat menurunkan konsumsi bahan bakar dan meningkatkan efisiensi termal pada mesin diesel dual fuel (DDF). Metode penelitian ini dilakukan secara eksperimen pada mesin DDF Diamond DI 800 dengan putaran konstan (1500 rpm). Variasi yang dilakukan adalah mengatur tekanan injeksi gas CNG yang masuk melalui  port sebesar 1,5 bar, 2 bar dan 2,5 bar. Hasil yang diperoleh adalah pada tekanan injeksi gas CNG 2,5 bar dapat memberikan persentase subtitusi gas CNG rata rata sebesar 57,59%, sedangkan pada tekanan injeksi gas CNG 1,5 bar dapat menurunkan konsumsi bahan bakar spesifik (SFCdual) hingga sebesar 0,196 kg/HP.jam dan meningkatkan efisiensi termal rata-rata sebesar 3,57% dibandingkan dengan variasi lain, meskipun masih di bawah kondisi operasi mesin single fuel.

Article Details

How to Cite
Yuvenda, D., Sudarmanta, B., Putra, R., Martias, M., & Alwi, E. (2019). Pengaruh Tekanan Injeksi Gas Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Efisiensi Termal pada Mesin Diesel Dual Fuel. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 35-42. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.349

References

  1. [1] Putra, Randi Purnama, Sutardi, and Wawan Aries Widodo. "The study on the effect of inlet disturbance body insertion on the flow pressure drop in a 90° square elbow." In AIP Conference Proceedings, vol. 1983, no. 1, p. 020016. AIP Publishing, 2018.
  2. [2] W. A. Widodo and R. P. Putra, “Reduction of Drag Force on a Circular Cylinder and Pressure Drop Using a Square Cylinder as Disturbance Body in a Narrow Channel,” Appl. Mech. Mater., vol. 493, pp. 192–197, 2014.
  3. [3] N. Hidayat, T. Sugiarto, and D. Yuvenda, “Optimization of Effectiveness in Radiator Straight Fin Type with Flat Tube Angle Variation,” 2017, no. October, pp. 13–15.
  4. [4] B. Yang, X. Wei, C. Xi, Y. Liu, K. Zeng, and M. C. Lai, “Experimental study of the effects of natural gas injection timing on the combustion performance and emissions of a turbocharged common rail dual-fuel engine,” Energy Convers. Manag., vol. 87, pp. 297–304, 2014.
  5. [5] D. Yuvenda, “Karakterisasi Performa Mesin Sistem Dual Fuel Menggunakan Pressure Reducer Adaptive dengan Variasi Konstanta ( K ) Pegas Helix Tekan Dan Tekanan,” 2015, no. 2014, pp. 1–8.
  6. [6] A. Arif et al., “Karakterisasi Performa Mesin Diesel Dual Fuel Solar-Cng Tipe Lpig Dengan Pengaturan,” 2015, no. 2013, pp. 1–8.
  7. [7] D. Yuvenda, B. Sudarmanta, and E. Alwi, “Analisis Kekuatan Pegas Pressure Reducer Sebagai Penurunan Tekanan Pada Mesin Duel Fuel,” vol. 17, no. 2, 2017.
  8. [8] Z. Wisnu, “Injection Dan Durasi Pemasukan Bahan Bakar Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Start Of Injection Dan Durasi Pemasukan Bahan Bakar Compressed Natural Gas Terhadap Performa Mesin Diesel Sistem Dual Fuel,” 2017, no. January 2016.
  9. [9] D. Yoko and B. Sudarmanta, “Studi Eksperimen Unjuk Kerja Mesin Diesel Menggunakan Sistem Dual Fuel Solar - Gas CNG dengan Variasi Tekanan Injeksi Gas dan Derajat Waktu Injeksi,” 2016, vol. 5, no. 2, pp. 604–609.
  10. [10] B. Sudarmanta, “The Performance Of Fossil Diesel-Syn Gas Dual Fuel Compression Ignition Engine for 3 KW.”
  11. [11] G. P. McTaggart-Cowan, S. N. Rogak, P. G. Hill, S. R. Munshi, and W. K. Bushe, “The effects of fuel dilution in a natural-gas direct-injection engine,” Proc. Inst. Mech. Eng. Part D J. Automob. Eng., vol. 222, no. 3, pp. 441–453, Mar. 2008.
  12. [12] R. G. Papagiannakis and D. T. Hountalas, “Combustion and exhaust emission characteristics of a dual fuel compression ignition engine operated with pilot Diesel fuel and natural gas,” vol. 45, pp. 2971–2987, 2004.
  13. [13] R. G. Papagiannakis and D. T. Hountalas, “Experimental investigation concerning the effect of natural gas percentage on performance and emissions of a DI dual fuel diesel engine,” vol. 23, pp. 353–365, 2003.