Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa di dalam perkuliahan. Penerapan strategi pembelajaran Training Within Industry pada perkuliahan pratikum instalasi listrik industri, mengajarkan bagaimana membawa mahasiswa seolah- olah  seperti suasana industri. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa D3 Tahun Masuk 2015 Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa penilaian unjuk kerja yang dinilai dari tahap persiapan, proses, hasil, waktu dan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa yang di lihat dari pencapaian hasil belajarnya. Dimana penerapan strategi pembelajaran Training Within Industry mampu memotivasi mahasiswa untuk berprestasi dan mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.


 

Keywords

Motivasi Strategi Training Within Industry Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Bustami, E., Candra, O., & Muskhir, M. (2018). Penerapan Strategi Training Within Industry Sebagai Upaya Meningkatan Motivasi Perkuliahan. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 55-64. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.366

References

  1. [1] Depdiknas. 2008. Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotor. Jakarta: Gramedia.
  2. [2] Usmeldi U, Krismadinata K. Penerapan Strategi Training Within Industry Dalam Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. 2017 Nov 10;17(2):21-26.
  3. [3] D. Fatmadilla, Usmeldi, And Krismadinata, “Penerapan Strategi Training Within Industry Dalam Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik.” Invotek 2017.
  4. [4] Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV.Alfabeta.
  5. [5] Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. [6] Dimyati, dkk. 2006. Belajar Dan Proses Pembelajaran. Jakarta: PT. Remaja Rosyda Karya.
  7. [7] Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  8. [8] Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  9. [9] Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  10. [10] Djaafar, Tengku Zahara. 2001. Konstribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
  11. [11] Anggraini, Nora N. 2011. Implementasi Strategi Training Within Industry Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mereparasi VCD/ DVD Player Siswa Kelas XII TAV1 SMK NEGERI 2 Kota Solok. Tesis. Padang: Universitas Negeri Padang.
  12. [12] Putri, Retno S. 2010. Penerapan Metode Training Within Industry Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Atap Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 6 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
  13. [13] _________. 2009. Asesmen. Jakarta: Cendikia Insani.
  14. [14] Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
  15. [15] Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
  16. [16] Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  17. [17] Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosyda Karya.