Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana sensor-sensor dalam sistem EFI bekerja pada putaran idle, mesin rotasi tingkat menengah dan tinggi, dengan melihat sensor output. (2) Mengetahui pekerjaan aktuator pada Sistem EFI pada putaran idle, mesin rotasi tingkat menengah dan tinggi. Metode eksperimen digunakan untuk penelitian ini. Mesin EFI dengan tipe D EFI yang digunakan telah dianalisis. Alat pindai digunakan untuk mengamati untuk mengukur output yang dihasilkan oleh sensor dan mengukur kerja aktuator sistem EFI menggunakan alat Pindai. Dari percobaan ditemukan bahwa peningkatan putaran mesin akan menghasilkan peningkatan kerja aktuator pada Sistem EFI, yang terdiri dari Injeksi Waktu dan Pengisi Waktu Pengapian, tetapi untuk Idle Speed ​​Control Valve (ISCV) dan Intake Camshaft Timing perubahan relatif stabil.

Keywords

Sensor and Actator EFI System Injection Time Ignition Timing Idle Speed Control Valve Intake Camshaft Timing

Article Details

How to Cite
Sugiarto, T., Putra, D., Purwanto, W., & Wagino, W. (2018). Analisis Perubahan Output Sensor Terhadap Kerja Aktuator pada Sistem EFI (Electronic Fuel Injection). INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 91-100. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.418

References

  1. [1] Purwanto, Wawan. Sugiarto, Toto. Fernandez, Donny. (2012). Analisa kerja Manifold Absolute Pressure (MAP) pada D-EFI dan Mass Air Flow Sensor (MAFS) pada L EFI serta emisi yang dihasilkan oleh kedua sistem EFI tersebut. Fakultas Teknik UNP. Hasil Penelitian FT UNP.
  2. [2] Rasydah and Sugiarto, Toto. (2013). Analisa Kerja Manifold Absolute Pressure (Map) dan Kadar Kandungan Emisi Gas Buang yang Dihasilkan pada Motor Bensin dengan Sistem Injeksi Elektronik Type D-Efi. Jurnal Elektron , 5 (2). pp. 69-74. ISSN 2085-6989
  3. [3] Sudarno, Putra Dwi. Sugiarto, Toto. Purwanto, Wawan. (2017). Analisa Re-karakterisasi Sensor Engine Coolant Temperature (ECT). Vol. 1, No.2. JIT Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Politeknik Kota Malang. ISSN 2548-8686. ISSN Online 2548-8597. Hal. 40 - 46
  4. [4] Sugiarto, Toto. Sudarno, Putra Dwi. dan Purwanto, Wawan. ( 2017). Effect of engine temperature changes on injection time of fuel and gas emission of gasoline engine. Prosiding.International Conference on Technical and Vocational Education and Training. Padang. Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. ISBN : 978-602-1178-11-9
  5. [5] Sugiarto, Toto. Sudarno, Putra Dwi. dan Purwanto, Wawan. ( 2017). Analysis on the role of engine coolant temperature sensor in gasoline engine. VANOS Jurnal of Mechanical Engineering Education. Vol.2, Nomor. 2, hal. 145 – 151. ISSN 2558 – 2611
  6. [6] Toyota. (2010). Training Engine Step 1. Jakarta. PT. Toyota Astra Motor
  7. [7] Daihatsu. (2010). Engine Step 1 Training. Jakarta. PT Daihatsu Astra Motor
  8. [8] Junisra Syam. (2009). Sistem bahan bakar EFI. Jakarta. PT. TTA International
  9. [9] TTA. (2010). Dasar-Dasar Sistem EFI. Jakarta: PT. TTA International
  10. [10] Toyota. (2008). Service Manual Toyota Kijang Innova . Jakarta. PT. Toyota Astra Motor