Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh lingkungan kampus terhadap IPK, pengaruh status sosial ekonomi terhadap IPK serta pengaruh lingkungan kampus dan status sosial ekonomi terhadap IPK . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 dan D3 Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang tahun masuk 2016. Total populasi sebanyak 137 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 103 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) status sosial ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap IPK mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNP, 2) lingkungan kampus tidak berpengaruh signifikan terhadap IPK mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNP dan 3) status sosial ekonomi dan lingkungan kampus tidak berpengaruh signifikan terhadap IPK mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNP.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright (c): Dedi Setiawan, Hendra Dani Saputra, M Nasir (2019)References
- [1] Nasional, U.-U. S. (2003). Paten No. No. 20 Tahun 2003. Indonesia.
- [2] Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
- [3] Saputra, H. D. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 25-30.
- [4] Saputra, H. D. (2018). Development of Web-Based Learning Media in Vocational Secondary School. VOLT: jurnal ilmiah Pendidikan teknik elektro.
- [5] Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- [6] UNP, P. K. (2017).
- [7] Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- [8] Sugihartono, d. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
- [9] Soekanto, S. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
- [10] Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- [11] Yusuf. (2011). Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: P2LPTK.
- [12] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
- [13] Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT. Rineka Cipta.