Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil unjuk kerja siswa dengan strategi Training Within Industry (TWI) menggunakan instrumen penilaian unjuk kerja pada mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (MSPEM) kelas XI TITL 1 SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan secara Quasi Experiment. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 SMK Muhammadiyah 1 Padang yang terdiri dari 32 orang siswa. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data dengan menggunakan penilaian kinerja berupa rubrics yang divalidasi oleh penimbang ahli. Data yang diperoleh diolah dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa siswa telah mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 80. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata dari skor penilaian kinerja dengan presentase 85% sudah mencapai ketuntasan dari nilai KKM yang ditentukan dan berdasarkan kategori yang diperoleh melalui skor penilaian kinerja sebanyak 27 dari 32 siswa berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil unjuk kerja dalam penerapan Strategi TWI, dan memberikan pegaruh positif pada siswa dengan menjadi aktif dalam pembelajaran, meningkatkan kinerja siswa dalam menyelesaikan praktikum yang dibuat maupun kemandirian dan kedisiplinan di SMK Muhammadiyah 1 Padang.


 


Kata Kunci: Strategi Training Within Industry, Hasil Unjuk Kerja, MSPEM

Keywords

Strategi Training Within Industry Hasil Unjuk Kerja MSPEM

Article Details

How to Cite
dilla, D., Usmeldi, U., & Krismadinata, K. (2017). PENERAPAN STRATEGI TRAINING WITHIN INDUSTRY DALAM PEMBELAJARAN MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 21-26. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.43

References

  1. [1] Anggraini Dwi. Penerapan Strategi Pembelajaran Training Within Industry (Twi) Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Bangunan Bertingkat Di SMK Negeri 1 Batipuh. Padang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (2013)
  2. [2] Arikunto Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara (2001)
  3. [3] Betri Aidil. Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TITL Di SMKN 2 Sijunjung. Padang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (2016)
  4. [4] Bismi Paradishe. Studi Perbandingan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan CTL Pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Kelas XI TITL Di SMKN 5 Padang. Padang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (2016)
  5. [5] Depdiknas. Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotor. Jakarta: Gramedia (2008)
  6. [6] Hastuti, Hansi Effendi, dan Siti H. Penerapan Trainer PLC Omron Sebagai Media Pembelajaran Mata Diklat Instalasi Motor Listrik. Padang. Jurnal INVOTEK Vol 2, No 1 April 2017.
  7. [7] Hendra Sasfa. Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Training Within Industry Pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik Di SMKN 1 Padang. Padang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (2013)
  8. [8] Hudin Rahmad. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Berbasis Elektromekanik Pada Kelas Xi TOI Di SMKN 2 Payakumbuh. Padang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (2014)
  9. [9] Suryabata Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PTRajagrafindoPersada (2003)
  10. [10] Wena,Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara (2011)