Main Article Content
Abstract
Mesin mobil pasti menghasilkan panas akibat pembakaran dari bahan bakar. Disatu sisi panas ini menguntungkan jika dikendalikan dengan baik yaitu antara 700C- 900C namun sebaliknya jika panas ini tidak terkendali maka akan menimbulkan masalah. Apabila temperatur ini dibiarkan maka akan menyebabkan mesin menjadi overheating sehingga bisa membuat kerusakan pada komponen-komponen mesin. Dalam hal ini perlu solusi untuk menjaga mesin tetap dalam tempertur kerja dengan cara melengkapi mesin dengan sistem pendingin. Disamping itu perkembangan dalam teknologi desain radiator saat ini sudah menciptakan radiator memiliki banya varian dan bentuk, dan yang paling umum berkembang adalah model straight fin dengan flat tube dan circular cylinder tube. Kondisi ini membuat peneliti tertarik desain yang mana yang paling bagus dalam pelepasan panas untuk mendinginkan air pendingin. Untuk itu perlu upaya untuk mengetahui kemampuan radiator secara jelas agar ini dapat membantu dalam pemilihan komponen pada sebuah mobil sehingga mesin tidak mengalami overheating atau mesin tetap menjaga temperatur kerjanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimental yaitu dengan menvariasikan tipe radiator dan putaran mesin serta memberikan perlakuan yang sama terhadap benda uji. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari semua variasi kecepatan jenis radiator yang memiliki kemampuan pelepasan panas yang baik adalah tipe flat tube dengan nilai efektifitas 0.593 dengan variasi kecepatan aliran 3.52 m/s dan 120 s. Dapat disimpulkan dari penelitian adalah radiator tipe flat tube memiliki pelepasan panas lebih baik dari tipe circular cylinder tube.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright (c): Nuzul Hidayat, Ahmad Arif, Martias Martias (2019)References
- [1] Hidayat, N., Sugiarto, T., Yuvenda, D., (2017). Optimization of Effectiveness in Radiator Straight Fin Type with Flat Tube Angle Variation. International Conference of Applied Science on Engineering, Business, Linguistics and Information Technology (ICo-ASCNITech) ISSN : 2598-2532
- [2] Adrianto, Dwi, C., Bachtiar, A. (2013), Studi Experimental Pengaruh Perubahan Jenis Radiator terhadap Unjuk Kerja Mesin Sinjai, Jurnal Teknik Pomits Vol 1 No1, hal: 1-6.
- [3] Dinaryanto, Okto. (2008). Optimasi Desain Fan Pendingin terhadap Pendingin Radiator, IST AKPRIND Yogyakarta.
- [4] Hidayat, Taufiq. (2015), Modifikasi Air Scoop dan Jarak Radiator terhadap Konsumsi Bahan Bakar Bensin, Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta Vol 1 No 3.
- [5] Nazaruddin, Yuliani. (2008), Analisa Debit Aliran Fluida terhadap Efektivitas Radiator pada Engine Mobil Mazda, Sekolah Tinggi Teknologi Pakanbaru.
- [6] Holman, J.P. (1998), Perpindahan Kalor, Jakarta: Erlangga.