Main Article Content

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan untuk mampu menyiapkan peserta didik yang kreatif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Kualitas lulusan SMK tidak hanya ditentukan oleh faktor individu dari siswa itu sendiri, akan tetapi juga sangat ditentukan oleh faktor dari luar, salah satunya komptensi pendidikan yang bisa menyiapkan lulusan sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Program Ipteks bagi Masyarakat (IbM) bertujuan untuk memberikan pelatihan  Kompetensi Kejuruan Teknologi Otomotif bagi guru dan siswa  SMK di kabupaten Solok, kegiatan IbM  dengan tema Peningkatan Kompetensi Kejuruan Teknologi Otomotif bagi Guru dan Siswa SMK, dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan sebesar  13,16 % dibidang kompetensi kejuran Teknologi Otomotif.

Keywords

Sekolah Menengah Kejuruan Kualitas Lulusan Kometensi Kejuruan Teknologi Otomotif

Article Details

How to Cite
Sugiarto, T., Amin, B., Purwanto, W., Arif, A., & Putra, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dan Siswa SMK Melalui Pelatihan Kompetensi Kejuruan Teknologi Otomotif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 25-34. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.439

References

  1. [1] Purwanto, Wawan. Sugiarto, Toto. Fernandez, Donny. (2012). Analisa kerja Manifold Absolute Pressure (MAP) pada D-EFI dan Mass Air Flow Sensor (MAFS) pada L EFI serta emisi yang dihasilkan oleh kedua sistem EFI tersebut. Fakultas Teknik UNP. Hasil Penelitian FT UNP.
  2. [2] Rasydah and Sugiarto, Toto. (2013). Analisa Kerja Manifold Absolute Pressure (Map) dan Kadar Kandungan Emisi Gas Buang yang Dihasilkan pada Motor Bensin dengan Sistem Injeksi Elektronik Type D-Efi. Jurnal Elektron , 5 (2). pp. 69-74. ISSN 2085-6989
  3. [3] Sudarno, Putra Dwi. Sugiarto, Toto. Purwanto, Wawan. (2017). Analisa Re-karakterisasi Sensor Engine Coolant Temperature (ECT). Vol. 1, No.2. JIT Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Politeknik Kota Malang. ISSN 2548-8686. ISSN Online 2548-8597. Hal. 40 – 46
  4. [4] TTA. (2010). Dasar-Dasar Sistem EFI. Jakarta: PT. TTA International
  5. [5] Sugiarto, Toto. Sudarno, Putra Dwi. dan Purwanto, Wawan. ( 2017). Effect of engine temperature changes on injection time of fuel and gas emission of gasoline engine. Prosiding.International Conference on Technical and Vocational Education and Training. Padang. Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. ISBN : 978-602-1178-11-9
  6. [6] Sugiarto, Toto. Sudarno, Putra Dwi. dan Purwanto, Wawan. ( 2017). Analysis on the role of engine coolant temperature sensor in gasoline engine. VANOS Jurnal of Mechanical Engineering Education. Vol.2, Nomor. 2, hal. 145 – 151. ISSN 2558 – 2611
  7. [7] Toyota. (2010). Training Engine Step 1. Jakarta. PT. Toyota Astra Motor
  8. [8] Daihatsu. (2010). Engine Step 1 Training. Jakarta. PT Daihatsu Astra Motor
  9. [9] Toyota. (2008). Service Manual Toyota Kijang Innova . Jakarta. PT. Toyota Astra Motor