Main Article Content

Abstract

Gambar Teknik dan Listrik merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswa . Dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah ini masih dilakukan secara manual yaitu menggunakan pensil dan kertas gambar. Namun era komputerisasi sekarang  pembelajaran Gambar Teknik dan Listrik perlu diimbangi dengan kemajuan zaman. Salah satunya menggunakan software AutoCAD dalam menyelesaikan materi gambar yang ada. Oleh karena itu, butuh pengembangan bahan ajar modul dengan tutorial bisa membantu untuk memahami penggunaan software dalam menyelesaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas modul tutorial Gambar dan Teknik dengan AutoCAD yang telah dikembangkan. Data penelitian diperoleh dari analisis angket uji validitas oleh validator yang terdiri 2 orang ahli materi dan media. Hasil uji validitas modul tutorial AutoCAD yang dinilai validator memperoleh nilai rata –rata 111 untuk ahli materi pada kategori valid sedangkan untuk ahli media mencapai nilai rata rata skor 120 dengan kategori sangat valid.

Keywords

validitas modul autocad gambar teknik dan listrik pembelajaran

Article Details

How to Cite
Hamdani, H., Yanto, D., & Maulana, R. (2019). Validitas Modul Tutorial Gambar Teknik dan Listrik dengan Autocad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 83-92. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.491

References

  1. [1] I Wayan Santyasa , I Wayan Sukra Warphala, dan I Made Tegeh. (2015). Validasi dan Implementasi Model – Model Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Penalaran dan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 4, No 1, April 2015.
  2. [2] Remon Lapisa, Irma Yulia Basri, dan dkk. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan AutoCAD. INVOTEK: Jurnal Inovasi, Vokasional dan Teknologi, Vol 17, No 2, Oktober 2017.
  3. [3] A Rachman, NE Raharjo.( 2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Dynamic Block dalam AutoCad pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak Kelas XII SMKN 1 Pajangan. E- Journal Pend Teknik Sipil- journal. Student.uny.ac.id.
  4. [4] Martubi dan Amir Fatah. (2010). Peningkatan Prestasi Belajar CAD Mahasiswa Teknik Otomotif Non –Reguler FT UNY Melalui Pembuatan “Pohon Kata” Perintah Dalam Program AutoCAD. JPTK, Vol 19 No 1, Mei 2010.
  5. [5] Abdul Majid. (2012). Perencanaan Pembelajaran Pengembangan Standar Kompetensi dosen. Bandung: PT.Remaja rosdakarya.
  6. [6] Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Dosen dalam Mengajar). Yogyakarta: PT Gava Media.
  7. [7] Rona Taula Sari. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia : Jurnal Pendidikan Sains Vol 6 (1) : 22 – 26.
  8. [8] Suharsimi Arikunto.(2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  9. [9] Komang Setemen. (2018). Pengembangan dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis – Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 15. No 2. Juli 2018 Hal 178.
  10. [10] Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit: Alfabeta
  11. [11] Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta