Main Article Content

Abstract

Jurusan Teknik Otomotif FT UNP membekali lulusannya dengan kemampuan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja tersebut. Mata kuliah Listrik dan Elektronika yang merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Teknik Otomotif. Pembelajaran Listrik dan Elektronika merupakan mata kuliah yang angka kegagalannya cukup tinggi bagi mahasiswa. Sehingga diperlukan media yang lebih baik mengatasi masalah ini dengan cara penerapan media pembelajaran trainer IC 555 pada proses pembelajaran. Penerapan media pembelajaran trainer IC 555 pada proses pembelajaran secara keseluruhan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan aktivitas Mahasiswa. Selanjutnya peningkatan pada hasil belajar yaitu pada pra siklus rata-rata nilai mahasiswa 52,40, persentase mahasiswa yang tuntas 23,07%. Pada siklus 1 meningkat dengan rata-rata nilai mahasiswa 61,73, persentase mahasiswa yang tuntas meningkat menjadi 48,07%, selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata nilai mahasiswa 70,38%, serta persentase mahasiswa yang tuntas menjadi 88,46%. Menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan media ini terhadap hasil belajar mahasiswa pada proses pembelajaran mata kulia listrik dan elektronika. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar penilaian hasil belajar. Data kuantitatif yang didapatkan kemudian dianalisis dengan statistika deskriptif.

Keywords

Auotomotive Engineering Trainer IC 555 Outcomes Learning Media

Article Details

How to Cite
Damai, A., & Basri, I. (2019). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Trainer IC 555 Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Otomotif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 37-46. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.617

References

  1. [1] Susilo, “Pengembangan Media Trainer Kelistrikan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMK Muhammadiyah Kutowinangun”, Jurnal Pendidikan FKIP. Volume 01, Nomor 10, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2017. pp. 5-6.
  2. [2] Haryawan. Agus, “Pengembangan Bahan Ajar mikrokontroler Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Mikrokontroler di Politeknik Pratama Mulia Surakarta”. SENATIB Fakultas Teknik, Politeknik Pratama Mulia Surakarta, 2017. pp. 7-8.
  3. [3] Hastuti. Dkk, “Penerapan Trainer PLC Omron Sebagai Media Pembelajaran Mata Diklat Instalasi Motor Listrik”, Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi (INVOTEK) Volume 17, No. 1, 2017.
  4. [4] Sudjana. Nana, Dasar-Dasar Belajar Mengaja,. Bandung: Alfesindo, 2009.
  5. [5] Sudijono. Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011. 21-23.
  6. [6] Sadiman. Arief S, Media Pendidikan, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers, 2009. 17-18.
  7. [7] Azhar. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persala, 2006. 3-4.
  8. [8] Dale. Edgar, Audio Visual Methods In Teaching. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc, The Dryden Press, 1969.
  9. [9] Malvino. Albert Paul, Prinsip-Prinsip Elektronika Buku Satu, Jakarta: Salemba Teknika, 2003.
  10. [10] Basri, Irma Y. dan Dedy Irfan, Komponen Elektronika. Padang: Sukabina Press, 2018.
  11. [11] Daryanto, Pengetahuan Teknik Elektronika. Malang: Bumi Aksara. 2011.
  12. [12] Basri. Irma Y, dkk, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mini Trainer IC 555”, Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi (INVOTEK), Volume 18, Nomor 2, 2018.
  13. [13] Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasioalnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
  14. [14] Pardjono. Dkk, Panduan Penelitian Tindkan Kelas. Yogyakarta:Lembaga Penelitian, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 2007.
  15. [15] Aiken. Lewis R, Psychological Testing and Assessment, (Eight Edition), Boston: Allyn And Bacon, 1994.
  16. [16] Nitko. Anthony J, (1996). Educational Assessment of Students, (Second Edition), Ohio: Merrill an imprint of Prentice Hall Englewood Cliffs, 1996.
  17. [17] Suharsimi. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010. 211-213.