Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik (DPL) pada kompetensi dasar memahami rangkaian arus bolak-balik di SMKN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop) dan tahap penyebaran (Disseminate). Berdasarkan hasil penelitian, pengujian validitas multimedia interaktif yang dilakukan oleh tiga orang validator diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,835 dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas guru diperoleh sebesar 100% dan siswa sebesar 89,8% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 84,6% dengan kategori efektif. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan multimedia pembelajaran DPL yang valid, praktis dan efektif.
Keywords
Article Details
References
- [1] Azhar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
- [2] Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera (SATU NUSA).
- [3] Hansi Effendi, Hastuti, dan Sugih G. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Software EKTS Pada Mata Pelajaran Pengendali Elektromagnetik. Padang: Jurnal INVOTEK Vol 17. No1, April 2017
- [4] Hartono. 2015. Analisis Item Instrumen. Riau: Zanafa Publishing.
- [5] Nusa Putra. 2011. Research & Development. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
- [6] Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-karyawan dan peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
- [7] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- [8] Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan, Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT. Bumi Aksa