Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian melakukan pengembangan media pembelajaran yang interaktif berbasis desktop. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan ADDIE. Subjek penelitian siswa kelas XA Jurusan TKJ.  Teknik pengumpul data dengan wanwancara, angket, observasi, serta dokumentasi. Statistik deskriptif digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian yaitu: Analysis, meliputi Analisis Mata Pelajaran; Analisis Pengguna; Analisis Materi dan Media; serta Analisis Sarana dan Prasarana. Design, meliputi Desain Materi; Desain GBIM; Storyboard; dan Flowchart. Develop, media yang dikembangkan berisi gambar, suara, dan teks. Implement, media diterapkan ke subjek penelitian. Evaluate, media divalidasi ahli materi dan media masuk kategori “Sangat Baik” serta respons subjek penelitian terhadap media tersebut masuk kategori “Sangat Baik.” Berdasarkan hasil validasi dan respons subjek penelitian, maka kesimpulannya adalah media yang dikembangkan valid dan layak  untuk digunakan.

Keywords

media pembelajaran interaktif desktop

Article Details

How to Cite
Arpan, M., & Sadikin, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(2), 43-50. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.741

References

  1. [1] Ramadhani, M., Gafari, M.O.F., and Marice. (2019). Development of interactive learning media on material writing short story texts based on experience. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education, 2 (1), 91-102.
  2. [2] Lin, M.H., Chen, H.C., and Liu, K.S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13 (7), 3553-3564.
  3. [3] Puspitarini, Y.D., Akhyar, M., and Djono. (2019). Development of video media based on Powtoon in social sciences. International Journal of Educational Reasearch Review, 4 (2), 198-205.
  4. [4] Mudinillah, A. (2019). The development of interactive multimedia using Lectora Inspire application in Arabic Language learning. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4 (2), 285-300.
  5. [5] Kuswari, H.I., Muryani, C., and Nugraha, S. (2019). The learning media development of interactive multimedia based e-learning to improve students’ learning outcome and spatial thinking ability of X IIS students in SMA Negeri 3 Sragen in the academic year of 2017/2018. GeoEco Journal, 5 (1), 92-104.
  6. [6] Rahayu, D.M., Roesminingsih, M.V., Harmanto, and Subroto, W.T. (2019). The use of interactive multimedia to improve critical thinking skills of primary school students. International Journal of Scientific and Research Publication, 9 (4), 138-144.
  7. [7] Munir, A., Lubis, M.R., and Ginting, R.L. (2019). Design and development of interactive learning media based on contextual teaching learning (CTL) in the subject of Evaluation and Supervision of Guidance and Counseling. Journal of Community Service and Research, 3 (1), 1-4.
  8. [8] Amaliah, N., Daulay, S., and Gafari, M.O.F. (2018). Interactive multimedia development in teaching Drama for students class XI Senior High School 4 Medan. International Journal of Education, Learning and Development, 6 (8), 61-70.
  9. [9] Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
  10. [10] Sulfemi, W.B. (2019). Model pembelajaran kooperatif Mind Mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 4 (1), 13-19.
  11. [11] Sulfemi, W.B. and Mayasari, N. (2019). Peranan model pembelajaran Value Clarification Technique berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20 (1), 53-68.
  12. [12] Asmara, A.P. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual tentang pembuatan koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15 (2), 156-178.
  13. [13] Fikriyah, M., Indrawati, and Gani, A.A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) disertai media audio-visual dalam pembelajaran Fisika di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (2), 181-186.
  14. [14] Ananda, R. (2017). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal BASICEDU, 1 (1), 21-30.
  15. [15] Yusup, M., Aini, Q., and Pertiwi, K. (2016). Media audio visual menggunakan Videoscribe sebagai penyajian informasi pembelajaran pada kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1 (1), 126-138.
  16. [16] Nomleni, F.T. and Manu, T.S.N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (3), 219-230.
  17. [17] Wirdaningsih and Mardhatillah. (2016). Penerapan media audio-visual terhadap keaktifan pada materi Hubungan antara Sumber Daya Alam dengan Lingkungan siswa kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (2), 1-14.
  18. [18] Sophia, A. and Yensasnidar. (2019). Android-based interactive learning media validity in Genetic Subtance and Synthesis Protein for students of Medical Laboratory Technology (TLM). International Journal of Progressive Sciencies and Technologies (IJPSAT), 16 (1), 123-126.
  19. [19] Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
  20. [20] Qamariah, W., Daningsih, E., and Yokhebed. (2017). Kelayakan animasi Stop Motion pembuatan cake pepaya submateri Peran Tumbuhan di bidang ekonomi. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6 (2), 267-279
  21. [21] Faramita, G., Daningsih, E., and Yokhebed. (2018). Kelayakan film dokumenter pembuatan bingka pepaya submateri Peran Tumbuhan di bidang ekonomi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16 (2), 267-280.
  22. [22] Mustika, Daningsih, E., and Marlina R. (2018). Kelayakan video Organ Tumbuhan di kelas XI SMA. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16 (2), 222-234.
  23. [23] Koriaty, S. and Manggala, E. (2016). Penerapan media e-book terhadap minat belajar siswa di kelas X Jurusan TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5 (2), 237-246.