Main Article Content

Abstract

Penyajian materi perkuliahan pada Elearning UNP selama ini masih terkesan bersifat verbalitas, sehingga perkuliahan melalui Elearning menjadi kurang menarik bagi mahasiswa. Untuk itu desain penyampaian materi pembelajaran melalui Elearning perlu diubah dan dikemas dalam bentuk media pembelajaran yang lebih menarik, sehingga Elearning dapat menjadi pusat belajar bagi mahasiswa di luar kegiatan perkuliahan tatap muka. Berdasarkan kondisi di atas peneliti mencoba melakukan pengembangan media pembelajaran sebagai media mandiri pada mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif di Jurusan Teknik Otomotif FT UNP dengan mengikuti model ADDIE. Pengembangan media mencakup materi kelistrikan mesin dengan menggunakan software power point yang dilengkapi dengan menu interaktif berupa animasi, film, dan umpan balik hasil pembelajaran. Media diimplementasi melalui Elearning UNP semester Juli-Desember 2016 pada 5 seksi mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif. Berdasarkan hasil analisis tingkat kepraktisan media diperoleh nilai Pratikalitas Media (ρ) adalah 88,57 % dengan tingkat kepraktisan “sangat praktis”; dan tingkat efektifitas penggunaan media oleh mahasiswa diperoleh selisih rata-rata nilai = 19, gain = 0,64, dengan tingkat efektifitas “sedang”.

Keywords

Media pembelajaran interaktif E-learning

Article Details

How to Cite
Andrizal, A., & Arif, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISTEM E-LEARNING UNIVERSITAS NEGERI PADANG. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

References

  1. [1] Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons.
  2. [2] Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8.
  3. http://jurnal.untan.ac.id/
  4. [3] Ardiansyah, Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
  5. [4] Herman Dwi Surjono. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning Sekolah Menengah Kejuruan. http://eprints.uny.ac.id/26053/. (diakses tanggal 11 Nopember 2016)
  6. [5] Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  7. [6] Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
  8. [7] Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  9. [8] Ahmad Rivai, Nana Sudjana. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
  10. [9] Richey, Rita C., Klein, James D., and Nelson, Wayne A, 2009. Developmental Research: Studies of Instructional Design and Development.
  11. http://www.aect.org/edtech/41.pdf
  12. [10] Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
  13. [11] Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.