Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Mata Pelajaran Memahami Pengukuran Komponen Elektronika di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen bebas (pre eksprimental). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 SMK Muhammadiyah 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 32 orang siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa tes objektif yang terdiri dari pretest, kuis sebanyak 3 kali serta posttest yang sudah dilakukan uji coba soal sebelumnya. Data yang diperoleh tersebut dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar siswa Sedangkan untuk menentukan Skor kemajuan Individu sebagai syarat penentuan nilai kelompok STAD dilakukan kuis setiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata nilai pretest sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 61,09  dan rata-rata nilai posttest setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 83,56.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Memahami Pengukuran Komponen Elektronika di SMK Muhammadiyah 1 Padang.

Keywords

STAD ketuntasan belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika

Article Details

How to Cite
Hambali, H., Eliza, F., & Andika, Y. (2017). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 107-112. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.77

References

  1. [1] Abdul Majid. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. (2015).
  2. [2] Robert, E. Slavin.. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek (Penerjemah: narulita Yusron). Bandung: Nusa Media. (2005).
  3. [3] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
  4. [4] Tukiran Taniredja,, dkk. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. (2014)
  5. [5] Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara. (2013)
  6. [6] Eliza, Fivia, Syamsuarnis, D.E. Myori, Hamdani, “Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Diklat Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana”. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan teknologi. vol. 17, no. 1, p. 1-10, apr. 2017.