Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbasis android dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian adalah R&D dengan model 4D. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Perindustrian Yogyakarta yang terdiri dari 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji N gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai rata-rata presentase 83,74%, dari ahli materi dari dosen mendapatkan nilai rata-rata presentase 93,1%, ahli materi dari guru mendapatkan nilai rata-rata persentase 92,67%, uji coba kelompok kecil dengan jumlah responden 10 siswa diperoleh nilai rata-rata presentase 81,77%, uji coba kelompok besar dengan jumlah respoden 30 siswa mendapatkan nilai rata-rata persentase 84,4%, sehingga seluruhnya mendapatkan penilaian “sangat baik” dan Media pembelajaran ini efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Keywords

Media Pembelajaran Android Electronic Fuel Injection

Article Details

How to Cite
Handoyono, N., & Mahmud, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(2), 107-116. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.791

References

  1. [1] Republik Indonesia, “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003,” in Sekretariat Negara, 2003.
  2. [2] J. H. Stronge, P. D. Tucker, and J. L. Hindman, Handbook for qualities of effective teachers. Alexandria: VA: ASCD, 2004.
  3. [3] Chávez Arcega and M. Antonio, “Instructional technology and media for learning,” Rev. Mex. Investig. Educ., vol. 15, no. 44, pp. 191–196, 2010.
  4. [4] N. A. Handoyono and S. Hadi, “Pengembangan modul pembuatan bodi kendaraan dari fiberglass untuk mendukung Perkuliahan cat dan bodi Kendaraan,” Taman Vokasi, vol. 6, no. 1, pp. 36–44, 2018.
  5. [5] J. Gikas and M. M. Grant, “Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media,” Internet High. Educ., vol. 19, no. 1, pp. 18–26, 2013.
  6. [6] C. Bossard, G. Kermarrec, C. Buche, and J. Tisseau, “Transfer of learning in virtual environments: A new challenge?,” Virtual Real., vol. 12, no. 3, pp. 151–161, 2008.
  7. [7] APJII, “Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia,” Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2017. [Online]. Available: https://apjii.or.id/content/read/39/342/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2017.
  8. [8] R. Godwin-Jones, “Emerging technologies: Mobile apps for language learning,” Lang. Learn. Technol., vol. 15, no. 1, pp. 2–1, 2011.
  9. [9] A. Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
  10. [10] A. Garcia-Cabot, L. De-Marcos, and E. Garcia-Lopez, “An empirical study on m-learning adaptation: Learning performance and learning contexts,” Comput. Educ., vol. 82, no. 1, pp. 450–459, 2015.
  11. [11] Prasad S, “A Study on: Attitude of Indian Customers towards Smartphones of Android and Windows Version,” J. Account. Mark., vol. 5, no. 2, p. 5: 167, 2016.
  12. [12] Statcounter, “Mobile Operating System Market Share Indonesia,” Statcounter Globalstat, 2019. [Online]. Available: http://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia.
  13. [13] A. Satyaputra and E. M. Aritonang, Let’s Build Your Android Apps with Android Studio. 2016.
  14. [14] S. Thiagarajan, D. S. Semmel, and M. I. Semmel, Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Twin Cities: Leadership Training Institute/Spesial Education, University of Minnesota, 2016.
  15. [15] S. Muyaroah and M. Fahartia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 79–83, 2017.
  16. [16] T. Martono Kurniawan and D. Nurhayati Oky, “Implementation of Android-Based Mobile Learning Application as a Flexible Learning Media,” Int. J. Comput. Sci. Issues, vol. 11, no. 2, pp. 168–174, 2014.
  17. [17] I. D. Kurniawati and S. Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 68–75, 2018.