Main Article Content

Abstract

Berdasarkan observasi awal, hasil belajar mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif pada mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif belum memuaskan kemungkinan oleh keterbatasan media pembelajaran yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk merancang simulator Engine trainer integratedwiring diagram aktif untuk dipakai sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Listrik dan Elektronika otomotif. Maksud penelitian ini untuk mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan simulator yang akan dikembangkan agar layak digunakan di saat praktikum, bentuk penelitian yang digunakan ini adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan model 4-D. Penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu: define, design, develop, disseminate. Subjek yang digunakan adalah mahasiswa jurusan teknik Otomotif yang sedang mengambil mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif. Teknis analisis data yang dipakai adalah teknis analisis data deskriptif yaitu mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan  dan keefektifan  Simulator Engine Trainer integrated wiring diagram aktif. Praktikalitas simulator berdasarkan respon dosen dinyatakan sangat praktis dengan nilai 90,77% dan 87% pada respon praktis mahasiswa. Persentase ketuntasan belajar mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan simulator engine trainer integrated wiring diagram aktif yang dikembangkan sebagai media pembelajaran sebesar 76,97%. Efektifitas alat dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan bahwa simulator yang digunaka valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Listrik dan Eletronika Otomotif.

Keywords

Simulator Engine Trainer Validitas Praktikalitas Efektivitas

Article Details

How to Cite
Rifdarmon, R. (2018). Pengembangan Simulator Engine Trainer Integrated Active Wiring Diagram untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 31-38. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.156

References

  1. [1] Putra, D. S., Fernandez, D., & Aprilindo, Y. (2016). PERANCANGAN PERAGA SENSOR KETUKAN UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2).
  2. [2] Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Jakarta: Rineka Cipta (2009)
  3. [3] Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakata: Pranada Media Group (2003)
  4. [4] Sugiyono. Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta (2013)
  5. [5] Ganefri, dkk, Buku Pedoman Akademik Universitas Negeri Padang 2014/2015, Fakultas Teknik Buku Pedoman Penyusunan Tesis dan Disertasi Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (2014)