Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar diri siswa (faktor eksternal).Penelitian berfokus pada faktor internal yaitu motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian bertujuan melihat besarnya tingkat hubungan antara dua variabel yaitu motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Data penelitian didapat dari penyebaran angket yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi penelitian sebesar 0,860 dengan α = 0,05 dan koofisien korelasi pada tabel (r tabel = 0,349) sehingga t hitung > t tabel dengan α = 0,05. Hal ini menunjukkan motivasi belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa.
Article Details
References
- [1] Ahmad Arif, Jurnal Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 2012
- [2] TIM MKDK. (2005). Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Padang : FIP UNP.
- [3] Marta Eka Chandra, Jurnal Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 2012.
- [4] Oemar Hamalik. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi aksara.
- [5] Andryvo, Jurnal Automotive Engineering Education Journals Vol 2, No 1 2013.
- [6] Ellizar Jalius. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran. Padang : UNP Press
- [7] Lufri. (2007). Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.