Main Article Content
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Flip Book Pada Mata Kuliah Elemen Mesin 1 Di Pogram Studi Pendidikan Teknik Mesin Fkip Unsri. pengembangan di lakukan dengan model Rowntree. Eveluasi dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi formatif tessmer. Data dikumpulkan melalui validasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kevalidan materi adalah 90,27% dengan kategori valid, desain sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian produk memiliki validitas sebasar 83,75% dengan kategori sangat valid. Skor kepraktisan pada tahap one-to-one evaluation sangat praktis terlihat dari komentar dan saran yang menunjukan komentar dan saran yang baik, tahapan small group evaluation sebesar 83,75% dengan kategori praktis, dan tahapan field test sebesar 82,41% dengan kategori praktis. Dengan demikian, produk berupa media flas flip book berkualitas baik sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran elemen mesin 1.
Keywords
Article Details
References
- [1] Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
- [2] Munawaroh. 2013. Penelitian Pengembangan http://staff.uny.ac.id (diakses tanggal 30 juni 2016)
- [3] Nova, Firsan.2009.Crisis Public Relation. Jakarta: PT.Grasindo.
- [4] Riyana, Cepi.2009. media pembelajaran. Jakarta: kementrian agama RI
- [5] Sudjana, Nana dan ahmad rivai.2002. Media Pengajaran. Bandung: sinar baru algesindo.
- [6] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
- [7] Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Media Pembelajara, hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan nilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.