PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGUNAKAN METODE TALKING STICK

  • Primawati Primawati Universitas Negeri padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Devia Ramadhani Universitas Negeri Padang

Abstract

Aktivitas siswa yang terjadi pada saat proses pembelajaran terlihat bahwa siswa cenderung menjadi pendengar saja, enggan mengemukakan pendapat dan cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menjelaskan proses dasar teknik mesin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas X Teknik Pemesinan sebanyak 21 orang. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar dan tes objektif untuk melihat perubahan hasil belajar dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar mencapai 62,2%, dan meningkat menjadi 81,03%. Pada siklus II. Untuk hasil belajar, pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 61,90% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,19%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I, 75,54 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,04. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta (2013).
[2] Agus Suprijono, Coorporative Learning : Teori dan Aplikasi PAILKEM, Jakarta:: Pustaka Pelajar (2012).
[3] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Grafindo Persada Publisher (2009).
[4] Memes W, Perbaikan Pembelajaran Topik Kalor di SLTP, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran FKIP Negeri Singaraja. Departemen Pendidikan Nasional RI (2001).
[5] Miftahul Huda, Coorperative Learning : Metode, Teknik, Struktur dan Metode Penerapan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar (2014).
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif & RND, Bandung : Alfabeta (2010).
[7] Suharsimi Arikunto dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara (2012)
Published
2017-04-10
How to Cite
PRIMAWATI, Primawati; AMBIYAR, Ambiyar; RAMADHANI, Devia. PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGUNAKAN METODE TALKING STICK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 73-80, apr. 2017. ISSN 2549-9815. Available at: <http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/23>. Date accessed: 20 oct. 2017.