Main Article Content

Abstract

Berhasil tidaknya sekolah mempersiapkan generasi yang akan datang tergantung pada proses pembelajaran yang terjadi di sekolah. Agar fungsi ini tercapai, diperlukan pembelajaran yang mendukung serta guru yang produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kontribusi kompetensi dan persepsi tentang supervisi pembelajaran terhadap produktivitas kerja guru SMKN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bersifat  ex post facto.  Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi dan persepsi tentang supervisi pembelajaran terhadap produktivitas kerja guru. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa kedua variabel bebas yaitu kompetensi dan persepsi tentang supervisi pembelajaran memegang peranan penting dalam meningkatkan produktivitas kerja guru.

Keywords

contribution competency of teacher productivity of work supervision of learning

Article Details

How to Cite
Hamdani, H., & Krismadinata, K. (2017). KONTRIBUSI KOMPETENSI DAN PERSEPSI TENTANG SUPERVISI PEMBELAJARAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 61-66. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.37

References

  1. [1]. I Made Suagus Jaya. Kontribusi Iklim Kerja, Motivasi Kerja dan Apreasiasi Pendidikan Terhadap Produktivitas Kerja Guru SMA PGRI di Kota Denpasar. Tesis yang tidak diterbitkan: Universitas Pendidikan Ganesha. (2012).
  2. [2]. Mukhtar, & Iskandar. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada. (2009).
  3. [3]. Nurcahaya Purba. Hubungan Persepsi Guru terhadap Supervisi Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional dengan kinerja guru SMA Negeri Kabupaten Langkat. Tesis tidak diterbitkan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. .(2006).
  4. [4]. Sirait, Jumaria. Hubungan Pelatihan dengan Produktivitas Kerja Guru di SMA Negeri 1 SiborongBorong. 1`-8 . didownloa d17 juni 2013 di http://digilib.unimed.ac.id/hubungan-pelatihan-dengan-produktivitas-kerja-guru-di-sma-negeri-1-siborongborong-23902.html. (2013).
  5. [5]. Sutarno dan salimi nurhadi. Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi organisasional Guru. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Vol 1 No 1, 63-79. (2006).
  6. [6]. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.
  7. [7]. Tri Atmadji Sutikno. Studi Produktivitas Kerja Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Malang Raya. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Vol 34, no 1 Februari 2011:1-12. (2011).
  8. [8]. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.