Main Article Content

Abstract

Pemanfaatan elektronika daya saat ini banyak digunakan pada industri-industri, sebagai perangkat utama pada energi terbarukan, maupun pada kebutuhan rumah tangga. Salah satu dari banyak nya perangkat elektronika daya yang digunakan adalah inverter. Terkhususnya pada industri, sebuah inverter dapat berguna sebagai pemasok sumber tegangan AC dari pembangkit industri yang bersumber DC, maupun untuk pengontrolan motor induksi baik itu satu fasa maupun tiga fasa. Inverter 3 fasa ini bertujuan untuk pengoperasian motor induksi 3 fasa, dengan cara memvariasikan tegangan dan frekuensi keluaran dari inverter tersebut. Metode yang digunakan adalah metode pembangkitan SPWM atau sinusoidal pulse width modulation.  Metode ini dipilih dengan pertimbangan lebih mudah diterapkan, dapat membuat gelombang keluaran lebih halus / atau jelas, dan mendekati hasil gelombang keluaran yang diharapkan, yakninya sinusoidal. Selain digunakan pada industri, inverter ini juga dapat digunakan sebagai perangkat utama dari energi terbarukan maupun untuk penggunaan pada rumah tangga. Perancangan inverter ini terdiri dari hardware dan software. Hardware terdiri dari Arduino Mega, rangkaian Gate Driver, Catu Daya, Rangkaian MOSFET Bridge 3 Fasa, dan Rangkaian Filter. Adapun untuk perancangan software menggunakan VB.Net. Untuk pengujian, pertama kali dilakukan pengukuran pada bagian input dan output dari masing-masing blok rangkaian. Selanjutnya dilakukan pengujian dengan menggunakan potensiometer dan monitoring dengan VB.Net.

Keywords

3 Phase Inverter Induction Motor Arduino Mega Gate Driver 3 Phase MOSFET Bridge PC (Personal Computer)

Article Details

How to Cite
Hidayat, F., & Krismadinata, K. (2019). Rancang Bangun VVVF Inverter 3 Fasa untuk Operasi Motor Induksi Tiga Fasa dengan Antarmuka Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 47-56. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.609

References

  1. Dokic, Branko L., Branko Blanusa. (2015). Power Electronics: Converter and Regulator. (3rd ed). Berlin: Springer.
  2. [2] Hart, Daniel W. (2011). Power Electronics. New York: McGraw-Hill.
  3. [3] Petruzella, Frank D. (2010). Electric Motors and Control Systems. New York: McGraw-Hill.
  4. [4] Trzynadlowski, Andrzej. (2016). Introduction to Modern Power Electronics. (3rd ed). New Jersey: John Wiley & Sons.