Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dalam menerapkan metode pembelajaran aktif Quiz Team pada mata pelajaran Memahami Dasar Dasar Elektronika Kelas X TITL SMK Muhammadiyah 1 Padang. Desain penelitian ini adalah Pre-eksperimental  dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Muhammadiyah 1 Padang. Data yang diperoleh dianalisis dengan Gain Score. Dalamm penelitian ini rata-rata pretest  adalah 61,09 dan rata-rata nilai posttest adalah 87,97. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dengan  rata-rata 0,69 kategori sedang.

Keywords

Metode Quiz Team Hasil Belajar Memahami Dasar Dasar Elektronika

Article Details

How to Cite
Artiya, D., Suartin, S., & Effendi, H. (2017). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI DASAR DASAR ELEKTRONIKA DI KELASX TITL SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 27-30. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.65

References

  1. [1] Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta (2009)
  2. [2] Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya (2009)
  3. [3] Primawati, Ambiayar, dan Devia R. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Talking Stick. Padang: Jurnal INVOTEK Vol 17, No 1, April 2017.
  4. [4] Slameto .Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta (2010)
  5. [5] Silberman, M. Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani (2007)
  6. [6] Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta (2015)
  7. [7] Syaiful Bahri DJamarah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta (2002)