Main Article Content

Abstract

Berbagai masalah dapat muncul dalam dunia profesi kerja, diantaranya disebabkan oleh kesalahan persepsi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara singkat dengan mahasiswa jurusan Teknik Mesin FT UNP didapat persepsi yang berbeda-beda dari setiap mahasiswa terhadap tempat bekerja/perusahaan  yang  sama.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  memberikan  gambaran  visual mengenai   persepsi   mahasiswa   Jurusan   Teknik   Mesin   FT   UNP   terhadap   tempat   bekerja menggunakan Penskalaan Dimensi Ganda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan  Penskalaan  Dimensi  Ganda.  Penskalaan  Dimensi  Ganda  merupakan  salah  satu metode yang digunakan untuk memetakan persepsi mahasiswa terhadap 10 (sepuluh) tempat bekerja/perusahaan yang mendukung profesi engineering, yaitu PT. Chevron, PT. Pertamina, PT. PLN, PT. GMF AeroAsia, PT. Astra, PT. Krakatau Steel, PT. Bukit Asam, PT. RAPP, PT. Indah Kiat dan PT. Semen Padang   yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan model yang terpilih adalah model tiga dimensi dengan nilai stress sebesar 0.05 dan kemampuan menjelaskan keragaman responden (R2) sebesar 98%. PT. Chevron dan PT. Pertamina merupakan tempat bekerja/perusahaan yang dipersepsikan paling mirip oleh responden. PT. Semen Padang dan PT. Astra dipersepsikan paling tidak mirip oleh responden. Responden mempersepsikan kemiripan  tempat  bekerja/perusahaan  berdasarkan  atribut/kriteria  gaji,  tunjangan,  visi  dan  misi tempat  bekerja/perusahaan,  supervisi tempat  bekerja/perusahaan  dan  kondisi lingkungan  tempat bekerja/perusahaan.

Keywords

Profesi engineering perusahaan dimensi ganda stress

Article Details

How to Cite
Primawati, P., Yufrizal, Y., Marfuad, A., & Rozi, F. (2017). PEMETAAN PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN FT UNP TERHADAP TEMPAT BEKERJA MENGGUNAKAN PENSKALAAN DIMENSI GANDA. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 101-106. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.79

References

  1. [1] Bilson, Simamora. Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (2005)
  2. [2] J. Supranto. Analisis Mutivariat Arti dan Intepretasi. Jakarta: Rineka Cipta. (2004)
  3. [3] Dwiprima Elvanny M dan Mhd Irsan. Korelasi Minat Berwirausaha dengan Kinerja Praktek Kerja Industri Siswa SMK. Padang. Jurnal Invotek Vol 17 No 1 April 2017
  4. [4] Slameto. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. (2003)
  5. [5] Yuda Esdin Sutanto. Skalar Multidimensi. (Skripsi). Fakultas SAIN dan Teknologi Universitas Sanata Dharma. (2007).